Breaking News

Gelar Kampanye Germas, Pemkab Wajo Gelar Berbagai Bentuk Kegiatan

Kampanye Germas kab.Wajo

SULSELKPK.CO.ID -Sebagai rangkaian Hari Kesehatan Nasional ke-58, Pemerintah Kabupaten Wajo menggelar Kegiatan Promosi / Kampanye terkait Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) sekaligus dirangkaikan dengan Pelaksanaan Kegiatan Aksi Bergizi Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan direncanakan sebagai aksi yang dapat memperoleh penghargaan Rekor Nasional.


Adapun bentuk kegiatan promosi/ kampanye pelaksanaan Germas yaitu senam sehat bersama, makan buah/snack Germas, pemeriksaan kesehatan serta pemberian tablet tambah darah bagi sisiwi SMP/ SMA sederajat secara serentak yang digelar di Lapangan Merdeka, Sengkang, Jum'at (18/11/2022). 


Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo yang membuka kegiatan ini menyampaikan bahwa tujuan gerakan aksi bergizi ini adalah gerakan serentak minum tablet tambah darah pada remaja putri sebagai bentuk upaya meningkatkan gizi remaja serta mencegah anemia pada remaja putri, sehingga mendukung pencegahan stunting secara nasional.



"Gerakan ini dikemas dalam gerakan masyarakat untuk hidup sehat (germas) dalam tatanan sekolah, sehingga selain minum tablet tambah darah,  pada kegiatan ini ada juga kegiatan aktifitas fisik berupa senam sehat bersama, makan buah /snack germas, minum tablet tambah darah, pemeriksaan kesehatan, pengukuran status gizi, deteksi dini gangguan indra serta   edukasi gizi," ucapnya Armayani



Armayani melanjutkan bahwa upaya percepatan penurunan stunting merupakan bagian dari implementasi intervensi gizi spesifik dan sensitif dalam upaya penurunan stunting di kabupaten  wajo.


"Gerakan ini harus terus diupayakan karena secara nasional pada akhir tahun 2024 ditargetkan sebanyak 58 % minimal remaja putri mengonsumsi tablet tambah darah. Oleh karenanya diperlukan kerja keras secara bersama bagi seluruh stakeholder untuk mencapai  target tersebut," ucapnya.


Gebyar aksi bergizi ini juga, lanjut Armayani merupakan gerakan  yang dilakukan secara serentak di seluruh kab/kota di Sulawesi Selatan pada pagi hari ini, dimana setiap kabupaten / kota diwakili oleh                         6 (enam) sekolah tingkat SLTP / SLTA  atau derajat           sebagai percontohan sekolah lainnya.


" Untuk  Kabupaten  Wajo dilaksanakan dan diwakili oleh  SMPN Satap 7, SMPN Satap 8, SMP  Muhammadiyah, SMP Negeri 1 Sengkang, SMPN 3 Sengkang dan SMPN 4 Sengkang. Sementara sekolah tingkat SMP/ SMA atau sederajat lainnya  Wajo juga ikut melaksanakan kegiatan gebyar aksi bergizi juga secara serentak," ucapnya.




Armayani menghimbau agar gerakan ini tidak berakhir dan berhenti hanya setelah kegiatan pada hari ini saja, tetapi harus diteruskan hingga tujuan dan target dapat tercapai. Dia pun mengajak kepada Dinas terkait bersama seluruh stakeholder untuk bersama mengawal program ini.


"Saya berpesan kepada anak-anakku, khususnya remaja putri, kalian merupakan salah satu generasi penerus, kerena itu harus cerdas dan sehat.  Remaja putri untuk senantiasa membiasakan diri sendiri mengkonsumsi makanan yang bergizi dan rutin minum tablet tambah darah," harapnya.


Armayani berharap, gerakan gebyar aksi bergizi ini dapat bermanfaat bagi penurunan anemia pada remaja putri dalam rangka percepatan penurunan stanting di Kabupaten Wajo.


Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan bersama Para Kepala OPD, jajaran Dinas Kesehatan, Unsur TP PKK Kabupaten Wajo serta para pelajar dan undangan lainnya.


0 Comments

© Copyright 2022 - Sulselkpk.co.id I Bersama Rakyat Perangi Korupsi