Breaking News

Jumat Curhat, Kapolsek Membalong Dengar Keluh Kesah Masyarakat


Kegiatan Jumat Curhat 

BELITUNG, SULSELKPK.CO.ID -Pada hari Jumat tanggal 27 Januari 2023 pukul 09.00 wib bertempat di Gedung Kesenian Desa Membalong Kecamatan Membalong Kab. Belitung telah dilaksanakan kegiatan Kegiatan JUM'AT CURHAT Kapolsek Membalong Diwilayah Desa Membalong Kecamatan Membalong Kab. Belitung.


Kegiatan tersebut dihadiri oleh :


- Kapolsek Membalong (AKP GILANG INDRA F.R S.IK) 

- Kades Membalong (FIRMANSYAH)

- Ketua BPD Membalong (NOPI KURE)

- Ketua Lembaga Adat Desa Membalong (SUKRI)

- Para Kadus, Ketua RW, Ketua RT serta Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda Wilayah Desa Membalong Kecamatan Membalong, Serta Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Dari Universitas Muhammadyah Bangka yang melaksanakan KKN di Wilayah Desa Membalong.


Adapun Sambutan Dari Kades Membalong (FIRMANSYAH) mengatakan


~ Ucapan Salam dan terima kasih kepada bapak Kapolsek Membalong yang berkenan hadir serta mengadakan Kegiatan pada hari ini.

~ Diberitahukan kepada seluruh Tamu undangan bahwa kegiatan ini sudah sering dilakukan oleh bapak Kapolsek pada minggu-minggu kemarin, namun kemarin masih dalam bentuk kegiatan tingkat kecamatan Membalong.

~ Hari ini bapak Kapolsek berkenan mengadakan kegiatan ini langsung di Desa-desa Wilayah Kecamatan Membalong, dan Pada hari ini desa kita Membalong mendapatkan kesempatan untuk pelaksanaan kegiatan ini.

~ Disampaikan kepada para tamu undangan bahwa bapak Kapolsek Membalong mengadakan kegiatan ini bertujuan untuk menjalin silahturahmi serta meningkatan sinergitas antara Polri dengan Masyarakat sekaligus beliau ingin mendengarkan langsung keluhan-keluhan apa didalam Masyarakat, supaya permasalahan tersebut dapat kita diskusikan bersama untuk mencari solusi sehingga tercipta situasi yang nyaman dan aman.


Sambutan Dari kapolsek Membalong disampaikan:


~ Ucapan salam dan terima kasih kepada Bapak Kades Membalong beserta seluruh Pihak dan tamu undangan yang telah menyempatkan waktunya untuk hadir dalam kegiatan ini.

~ Saya Sampaikan kepada tamu undangan bahwa kegiatan Ini dilaksanakan bertujuan untuk mejalin silahturahmi pihak kepolisian khususnya Polsek Membalong dengan Masyarakat Kecamatan Membalong, dengan harapan dengan terlaksananya kegiatan ini kami bisa menampung keluhan-keluhan masyarakat terhadap kinerja kepolisian serta dapat mempererat tali silahturahmi dan sinergitas antara Polri dengan Masyarakat.

~ Dalam kegiatan ini saya persilahkan kepada seluruh tamu undangan yang hadir untuk menyampaikan unek-unek atau hal-hal yang berkaitan dengan situasi kamtibmas diwilayah Kecamatan Membalong khususnya Desa Membalong.


Adapaun hal-hal yang disampaikan oleh masyarakat kepada Kapoksek Membalong adalah


*a. Ketua Kades Membalong (FIRMANSYAH) :*


~ Ucapan Salam

~ Kami ingin menyampaikan terkait situasi jalan Dusun Air Buntar Desa Membalong perbatasan Mentigi dimana situasi jalan tersebut sangat sempit dan dipinggi pinggir jalan tersebut banyak ditemukan pohon pohon yang sudah besar dan tinggi, dengan situasi seperti itu membuat kami khawatir jika adanya angin kencang dapat berpotensi merobohkan pohon-pohon tersebut dan dapat mengganggu akses jalan kami bahkan bisa membahayakan kami, kami mohon sarannya dari bapak kapolsek apakah boleh kami masyarakat desa untuk melakukan pembersihan ataupun pemotongan pohon-pohon tersebut mengingat daerah tersebut masuk dalam kawasan hutan lindung.

- Kami dari Pihak Desa Membalong dan Desa Mentigi Sudah melakukan Kordinasi dalam mencari solusi masalah ini, dan kami masih berusaha untuk mengirimkan surat Permohonan serta Pemberitahuan kepada Dinas Kehutanan Kabupaten Belitung terkait pembersihan jalan diseputaran jalan Dusun Air Buntar Desa Membalong perbatasan Desa Mentigi tersebut namun hingga saat ini kami belum bisa mengirinkan surat tersebut mengingat padatnya kegiatan kami pada saat ini.


*b. Anggota BPD  Membalong (Sdr. ARIEF)  :*


~ Ucapan Salam serta Ucapan terima kasih kepada pihak kepolisian polsek membalong yang telah melaksanakan kegiatan yang sangat positif ini.

~ Langsung saja pak saya ingin menyampaikan keluhan kami terkait Peredaran Miras, dimana para penjual ini biasanya datang dari wilayah tanjungpandan dan cara penjualannya secara sembunyi-sembunyi, namun efek dari adanya penjualan miras tersebut sangat-sangat mengganggu dan meresahakan Masyarakat.


*c. Peserta KKN dari Universitas Muhammadyah Bangka (Sdri. RISKI MAYFARISAH)  :*


- Ucapan Salam dan Perkenala Diri

- Kami ingin menyampaikan kepada bapak kapolsek bahwasannya saat kami baru pertama kali sampai di Kabupaten Belitung Khususnya Kecamatan Membalong dimana saya sendiri melihat situasi Kenyamanan dan Keamanan Masyarakat sangat jauh berbeda dengan tempat kami wilayah Bangka, contohnya kami melihat langsung ketika Masyatakat memarkirkan kendaraan bermotor diluar Rumah dengan kondisi Kunci motor masih menempel namun motor tersebut masih dalam keadaan aman, beda halnya diwilayah kami dibangka jika hal itu dilakukan diwilayah Bangka sudah pasti motor tersebut akan raib hilang diambil pencuri, yang ingin kami tanyakan kepada bapak mengapa diwilayah bangka belitung ini yang masih dalam satu wilayah provinsi namun tingkat keamanan berbeda.


*Adapun Tanggapan Dari Kapolsek Membalong :*


~ Terima kasih kepada bapak kades Terkait jalan wilayah desa mentigi perbatasan dusun air buntar desa membalong yang sempit dan banyak pohon besar yang berpotensi bisa roboh kejalan, kemarin sudah kita bahas juga pada saat kita lakukan kegiatan di desa mentigi terkait masalah ini, sebenarnya kita bisa saja langsung lakukan pembersihan dengan melakukan penebangan pohon-pohon ditepi jalan tersebut namun alangkah baiknya kita kordinasi dahulu dengan pihak dinas Kehutanan Mengingat wilayah tersebut masuk dalam wilayah Hutan Lindung dan hal tersebut merupakan kewenangan penuh Dinas Kehutanan, untuk itu sebagai bentuk Etika kita sebaiknya kordinasi dulu dengan pihak Dinas Kehutanan Kabupaten Belitung.

~ Terkait penyampaian dari pak Arief masalah peredaran Miras hal ini sudah kami dengar dari keluahan desa lain dan sama juga kami samapaikan terkait peredaran miras kami mohon Peran aktif dari para Tokoh-tokoh yang ada baik tokoh Agama, Tokoh Adat maupun Tokoh Pemuda untuk sama-sama memberikan himbauan kepada Masyarakat untuk tidak mengkonsumsi miras, sara rasa jika miras tersebut tidak ada yang membeli sudah pasti tidak ada penjualan miras tersebut, dan kami mohon peran aktif dari masyarakat semua untuk memberikan Informasi kepada kami melalui Bhabinkamtibmas atau langsung kepada saya melalui WA atau kontak langsung ke saya jika ada penjualan miras diwilayah kita agar segera dapat kami tindak lanjuti.

~ Terkait perbedaan Tingkat Keamanan Diwilayah Bangka dan Belitung hal ini merupakan salah satu perkembangan Wilayah dimana kita sama-sama mengetahui Diwilayah Bangka sudah banyak Pendatang dari luar daerah hal itulah yang menjadi Faktor Utama dalam membentuk Perubahan Kultur Budaya, sehingga Perubahan Tingkat Keamanan dan Stabilitas Kamtibmas Serta Kerawanan Meningkat, untuk itu sebagai bentuk antisipasi kita semua diharapakan Peran Aktif dari Masyarakat dalam menjaga Keamanan dan Stabilitas Kamtibmas sangat dibutuhkan guna menunjang Terciptanya Situasi Kamtibmas yang Kondusif.

~ Kedepan kami tetap mengharapkan masukan masukan dari seluruh pihak, laporkan secara langsung jika ada hal-hal yang menggangu stabilatas kamtibmas diwilayah kita, bisa langsung datang ke mako polsek membalong atau bisa melalui kontak langsung ke saya selaku kapolsek membalong ataupun ke personel polsek membalong, supaya aduan maupun laporan tersebut bisa langsung kami tindak lanjuti demi keamanan dan kenyamanan kita bersama.


Di akhir kegiatan Kapolsek Membalong juga menyampaikan agar Masyarakat sama-sama menjaga situasi Kamtibmas wilayah kecamatan membalong agar tetap kondusif dimana saat ini kita telah memasuki tahapan Pemilu serentak, sudah pasti dengan dimulainya tahapan pemilu ini tentunya situasi politik juga pasti akan memberi pengaruh pada stabilitas kamtibmas Diwilayah.


Kegiatan   JUM'AT CURHAT Kapolsek Membalong, diwilayah Desa Mentigi Kecamatan Membalong Kab. Belitung tersebut berakhir pada pukul 10.45 wib, selama kegiatan berlangsung dalam keadaan aman, tertib dan lancar. (Yurman)


0 Comments

© Copyright 2022 - Sulselkpk.co.id I Bersama Rakyat Perangi Korupsi