Breaking News

Seminar Pertanian Terpadu II, Amran Mahmud Dorong Mahasiswa Jadi Petani Millenial


WAJO --Bupati Wajo, Amran Mahmud mengajak kepada seluruh mahasiswa Universitas Puangrimaggalatung (Uniprima), untuk terus mengembangkan potensi sehingga bisa menciptakan lapangan pekerjaan.


Hal tersebut disampaikan Amran Mahmud saat membuka sekaligus menjadi narasumber pada Seminar Pertanian Terpadu II yang digelar oleh Uniprima Sengkang di Ruang Pola Kantor Bupati Wajo, Senin (20/3/2023).


Selain Amran Mahmud, turut menjadi Narasumber Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Wajo, Nasfari, mewakili Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Ketua, Kadin Wajo diwakili oleh Abd Rahim dan Petani Milenial, Riswandi.


Amran Mahmud melanjutkan bahwa dia berharap Seminar Pertanian Terpadu II ini bukan sekedar menambah pengetahuan tapi bisa terpatri sebuah skill yang mampu merubah mindset mahasiswa untuk membangun pertanian semakin hebat termasuk mengawal program Pertanian Terpadu.


"Saya ingin gambarkan pada kesempatan ini, bahwa saya berharap seminar ini betul-betul merubah mindset. Saya sepakat dengan tema, Insan Muda Pertanian menuju Era Sosialiti 5.0," ujarnya. 


Apalagi kata Amran, di era 4.0 sekarang boleh dikata transformasi teknologi ke digitalisasi hampir semua aktivitas akan tergantikan. Maka salah satu resiko kedepan tenaga kerja kita akan semakin kecil jumlah yang dibutuhkan karena lebih banyak dibantu dengan teknologi robot.


"Inilah kenapa kita harus merubah mindset. Di beberapa negara maju kita pelajari, mereka sudah dari dulu merubah mindsetnya. Anak anak mahasiswa pertanian begitu sarjana tidak ada lagi berpikir bawa map kesana kemari melamar kerja. Tetapi bagaimana dia menerapkan ilmunya langsung turun lapangan. Bagaimana pertaniannya maju dan bisa menjadi petani berdasi," jelasnya. 


Tentu saja kata dia, mereka dibantu teknologi yang semakin berkembang, Sehingga mereka bertani tanpa tersentuh dengan kotoran. "Inilah disebut petani milenial. Inilah yang saya harapkan mahasiswa kita mampu menjadi pencipta lapangan kerja," ujarnya.


Pada kesempatan itu, Amran pun menitipkan ke Civitas Uniprima supaya menjadi Kampus Enterpreneur yang betul betul menciptakan Enterpreneurship.


"Jangan sampai Uniprima memproduksi sarana yang menambah beban kita, tetapi bagaimana Uniprima menjadi solusi menghasilkan sarjana hebat yang bisa terjun dan menciptakan lapangan kerja," harapnya 


Kegiatan ini turut dihadiri oleh Para Wakil Rektor, Dekan, Ketua Prodi serta jajaran Uniprima Sengkang, Ketua dan pengurus BEM, mahasiswa Uniprima serta undangan lainnya.



0 Comments

© Copyright 2022 - Sulselkpk.co.id I Bersama Rakyat Perangi Korupsi