Breaking News

Terpusat di Kebumen, Pemkab Wajo Ikuti Panen Padi Nusantara Sejuta Hektar di Kecamatan Keera


WAJO --Pemerintah Kabupaten Wajo terus berupaya mendukung ketersediaan pangan secara nasional. Hal tersebut terungkap pada pelaksaanan Panen Padi Nusantara di kabupaten  Wajo di Desa Awota, Kecamatan  Keera, Kamis (9/3/2023).


Upaya tersebut selain untuk memenuhi ketersediaan pangan secara nasional, juga sebagai upaya mendukung  program nasional yang dicanangkan Kementerian Pertanian yakni Panen Padi Nusantara Sejuta Hektar.


Panen tersebut merupakan bagian dari panen serentak yang digelar di 131 kabupaten yang tersebar di 30 provinsi.


"Di kabupaten Wajo, kegiatan Panen Padi Nusantara dilakukan diatas lahan 110 Hektar yang ada di Desa Awota Kec. Keera sedangkan   Kelompok Tani Jonga-Jonga yang di tempat pengambilan ubinan dan  panen dengan varietas yang dikembangkan Megonga Impari 32, " kata Burhanuddin, Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Wajo.


Sementara hasil ubinan dari BPS Kab. Wajo 8,48 ton/ha GKP Sehingga total produksi dari 110 ha yg dipanen di Desa awota sekitar 932,80 ton GKP 


Dilanjutkannya, luas potensi panen pada bulan Maret ini di kabupaten Wajo seluas kurang lebih 13.250 Hektar. "Kita berharap melalui Panen Padi Nusantara ini dapat mendorong peningkatan produktivitas padi di Kabupaten Wajo sekaligus meningkatkan kesejahteraan petani,"harapnya


Kegiatan Panen Nusantara ini dihadiri Perwakilan Kementerian Pertanian, Kepala BPS dan Para Penyuluh dan Anggota Kelompok Tani.


Diketahui, secara nasional pelaksanaan Panen Padi Nusantara Sejuta Hektare dipusatkan di Kabupaten Kebumen oleh Presiden RI, Joko Widodo didampingi Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo.


0 Comments

© Copyright 2022 - Sulselkpk.co.id I Bersama Rakyat Perangi Korupsi