Breaking News

Wajo dan Sidrap Perkuat Kolaborasi Sektor Pertanian


Peresmian Kantor Unit Pengelola Irigasi.

SIDRAP - Bupati Wajo, Amran Mahmud, hadiri peresmian Kantor Unit Pengelola Irigasi (UPI) Daerah Irigasi Bila-Kalola Kabupaten Sidrap dan Wajo di Bendungan Bila, Kabupaten Sidrap, Rabu (8/3/2023).


Menurut Amran, pemerintah saat ini telah melaksanakan berbagai kebijakan demi mewujudkan kemandirian dan kedaulatan pangan. Dengan peresmian kantor ini diharapkan dapat membangun sinergitas antara pemerintah pusat, provinsi, dan daerah.


"Khususnya me-maintenance dua daerah irigasi, Kalola dan Bila, di dua kabupaten menjadi satu manajemen, yaitu UPI. Dengan begitu, akan lebih memudahkan dalam menyikapi jika terjadi problem di lapangan. Saya sangat berterima kasih dan mengapresiasi kehadiran kantor UPI ini," ujar Amran.


Amran juga mengenang saat masih menjabat sebagai Wakil Bupati Wajo, ia berhasil membangun komunikasi dengan Bupati Sidrap, Dollah Mando (saat itu Wakil Bupati Sidrap), untuk membuka pintu air batas Wajo dan Sidrap. 


Hal itu, kata dia, berhasil menyelamatkan tanaman masyarakat Desa Ongkoe, Kecamatan Belawa, yang sudah terancam gagal panen.


"Karena ada komunikasi yang baik dengan Wakil Bupati saat itu, atau Pak Bupati saat ini, sehingga hanya beberapa jam saja pintu air dibuka dan selamatlah tanaman padi masyarakat kita. Apalagi dengan adanya UPI sekarang tentu akan lebih memudahkan komunikasi seperti ini," bebernya.


Amran menegaskan Wajo dan Sidrap harus bekerja sama dalam pengembangan berbagai sektor, terutama pertanian. "Dua pemerintah harus berkolaborasi dan bersinergi. Untuk mengomunikasikan kebutuhan masyarakat, saya serahkan kepada Pak Camat untuk bisa komunikasi langsung dengan Kepala Kantor UPI nantinya," tuturnya.


Amran juga meminta kepada Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang (BBWS-PJ) agar membangun bendungan di Bulu Cepo, Kecamatan Tanasitolo. "Nantinya, ini bisa mengaliri daerah kami di wilayah timur yang tadah hujan," tutupnya.


Pada peresmian ini, Amran turut dalam pengguntingan pita sebagai simbol peresmian kantor bersama Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan BBWS-PJ, Nalvian, serta Sekretaris Sidrap (Sekda) Sidrap, Basra.


Kegiatan ini turut dihadiri jajaran BBWS-PJ, mewakili Kepala Dinas PUPR dan Dinas TPHP Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), jajaran kepala perangkat daerah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo maupun Sidrap atau yang mewakili, legislator DPRD Wajo, camat dan forkopincam dari Wajo dan Sidrap, serta tamu dan undangan lainnya.


0 Comments

© Copyright 2022 - Sulselkpk.co.id I Bersama Rakyat Perangi Korupsi