Breaking News

Didaulat Pemateri di Rakor Bunda PAUD Sulsel, Sitti Maryam Urai Program Bunda PAUD Wajo



Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Wajo, Sitti Maryam memaparkan Visulisasi Bunda PAUD Kabupaten Wajo sebagai Peraih PIN Apresiasi Bunda PAUD Kabupaten/Kota Tingkat Nasional Tahun 2022. 


Pemaparan tersebut disampaikan oleh Sitti Maryam saat didaulat membawakan materi pada Rapat Koordinasi (Rakor) Bunda PAUD se-Sulawesi Selatan yang digelar di Hotel Dalton Makassar, Senin (29/5/2023) sampai Rabu (31/5/2023). Khusus untuk penyampaian materi Sitti Maryam pada Selasa (30/5/2023).


Rakor ini digelar oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan bekerjasama dengan Pokja Bunda PAUD Provinsi Sulawesi Selatan, TP. PKK Provinsi Sulawesi Selatan, dan Andalan Mengaji sebagai rangkaian penyelenggaraan Bulan Pendidikan Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2023.


Sitti Maryam didaulat sebagai sebagai salah satu pemateri pada rakor tersebut karena pada tahun 2022 lalu, Bunda PAUD Kabupaten Wajo ini dianugerahi penghargaan Pin Emas Wiyata Dharma Pratama pada apresiasi Bunda PAUD tingkat nasional, serta piagam penghargaan atas dedikasinya selama ini dalam mendukung program Bergerak Bersama menuju PAUD yang Berkualitas, dimana hanya 40 Bunda Paud Kabupaten/Kota se-Indonesia yang menerimanya.


Sitti Maryam mengungkap berbagai kegiatan Bunda PAUD di Kabupaten Wajo, diantaranya bahwa setelah mengukuhkan Bunda PAUD Kecamatan, Bunda PAUD Kelurahan dan Bunda PAUD Desa, dirinya mendorong terbentuknya Pokja Bunda PAUD Kecamatan, Kelurahan dan Desa.


"Kita juga aktif melakukan advokasi dan koordinasi dengan berbagai macam pemangku kepentingan terkait dengan kapasitas dan pendanaan terutama dengan OPD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan," jelasnya.


Ketua Dekranasda Wajo ini juga mengaku aktif bersama Dinas Pendidikan,Pokja Bunda PAUD dan Fasilitator PAUD-HI membentuk dan membina 116 Satuan PAUD Holistik-Integratif di Kabupaten Wajo.



Dari hasil pembinaan, sekarang lanjutnya, di Kabupaten Wajo sudah punya 20 PAUD HI percontohan bahkan sdh dilombakan. Bahkan ditarget  tahun ini, 190 desa/kelurahan di Kabupaten Wajo sudah memiliki PAUD HI.


"Selain itu kita juga punya binaan Masjid Ramah Anak untuk mengajak anak usia dini mencintai dan rajin ke masjid. Juga untuk menumbuhkan minat baca, Taman Baca La Tiringeng To Taba yang pernah dikunjungi Ibu Menteri PPPA, Direktur PAUD, Gubernur Sulsel, Ketua TP PKK Sulsel dan beberapa tokoh lainnya," ucapnya.


Sitti Maryam menyebut bahwa segala program dan kegiatan yang dilakukan oleh Bunda PAUD Kabupaten Wajo selalu mendapat dukungan dari Pemkab Wajo, khususnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta stakeholder.


"Kami ucapkan terima kasih dan dukungan dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Sulsel, Pemkab Wajo serta seluruh pihak yang senantiasa mendukung dan membantu kami, Bunda PAUD Kabupaten Wajo," pungkasnya.


Pada Puncak Peringatan Bulan Pendidikan Merdeka Belajar yang digelar setelag Rakor, TK Fieqfand Kids School dari Kecamatan Tempe diumumkan sebagai Juara I Video Praktik Baik Anti Kekerasan, Perundungan dan Intoleransi Jenjang TK se Sulawesi Selatan yang dilaksanakan oleh Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Sul Sel.


Kemudian, TK Fieqfand Kids School juga Juara Harapan I Best Praktis yang dilaksanakan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Sulawesi Selatan.


Lalu, pada Gebyar PAUD tingkat Propinsi Sulawesi Selatan yang  turut digelar pada kesempatan tersebut, Kabupaten Wajo juga berhasil mendapatkan Juara.


Diantaranya, TK Alfasihi Day School berhasil meraih Juara Harapan I Lomba Bercerita, TK ABA Cabang Sengkang meraih Juara Harapan II Lomba Rangking I (Ayah dan Anak) dan RA As'adyah No. 3 Belawa meraih Juara Harapan III Lomba Adzan.


Pada kegiatan tersebut, Bunda PAUD Kabupaten Wajo, Sitti Maryam didampingi Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan, Muh. Faisal, Kabid PAUD, Alamsyah serta beberapa rombongan lainnya.

0 Comments

© Copyright 2022 - Sulselkpk.co.id I Bersama Rakyat Perangi Korupsi