Breaking News

Berbasis Tanda Tangan Elektronik, Camat Pammana Hadirkan Aplikasi MABELLO


Camat Pammana

Sebagai upaya untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, Camat Pammana Kabupaten Wajo, Junisatri Rasyid menghadirkan inovasi atau aksi perubahan berupa aplikasi "MABELLO".


Junisatri menjelaskan bahwa MABELLO ini adalah akronim dari Pammana Berbasis Pelayanan Online. Menurutnya, aplikasi ini dihadirkan untuk menjawab permasalahan pelayanan yang terkesan lamban dan berbelit-belit di Desa/Kelurahan hingga Kecamatan.


"Pelayanan konvensional yang selama ini diterapkan, kita coba buatkan inovasi secara digital atau online. Sehingga warga yang butuh layanan administrasi bisa dilakukan dari mana saja, tidak perlu lagi ke kantor," ucap Junisatri Sabtu (15/7/2023).


Selain itu, lanjut Alumni STPDN ini, kehadiran aplikasi ini sesuai dengan harapan Bapak Bupati dan Bapak Wakil Bupati untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.


"Sejak awal kepemimpinannya, beliau selalu menggaungkan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Aplikasi ini kami hadirkan untuk menjawab harapan tersebut," ungkapnya.


Junisatri juga menuturkan bahwa aplikasi MABELLO inu juga tersedia di Desa/Kelurahan yang terintegrasi ke Kecamatan.


"Bagi warga yang membutuhkan layanan,  cukup memilih layanan yang dibutuhkan dan memasukkan data melalui aplikasi, selanjutnya data akan diproses oleh admin dengan waktu maksimal 5 menit," tuturnya.


"Kalaupun membutuhkan tanda tangan Camat, berkas  akan dikirim ke dashboard Kecamatan dan diproses juga oleh admin Kecamatan dalam waktu yang tidak terlalu lama. Apalagi, tanda tangan elektronik pejabat sudah diterapkan dalam aplikasi ini," tambahnya.


Pada aplikasi ini, masyarakat bisa memilih apakah layanan yang dibutuhkan diantarkan ke atau ingin mencetak sendiri dengan hanya meminta file dokumen berbentuk  portable document format (pdf).


Junisatri Rasyid yang saat ini mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator di PPSDM Kemendagri berharap aplikasi dapat bermanfaat bagi warga begitu juga bagi Pemerintah. "Kita berharap nantinya Aplikasi ini dapat diintegrasikan ke dalam Program smart city Pemkab Wajo," pungkasnya.


0 Comments

© Copyright 2022 - Sulselkpk.co.id I Bersama Rakyat Perangi Korupsi