Breaking News

Meriahkan HUT RI ke-78, Pemdes Kacang Butor Gelar Perlombaan Unik



BELITUNG -- Dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke- 78 tahun 2023, Pemdes Kacang Butor Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung ikut serta berpartisipasi  memeriahkannya.


Salah satu kegiatan perlombaan yang diadakan yakni, Nyirok( tumbak ikan) bertempat di Dusun Kepayang Desa Kacang Butor. Tumbak ikan ini diikuti sekitar 50 orang peserta dan berlangsung disebuah kolong yang dipenuhi dengan rumput, Jumat(18/8/23).


Kegiatan ini salah satu adat dan kebudayaan Belitung yang diperlombakan dan kali ini dilaksanakan di Desa Kacang Butor.


Kades Kacang Butor Dian mengatakan, perlombaan seperti ini kedepannya akan selalu diadakan karena ini juga menyangkut adat dan kebudayaan Belitung, katanya.


Ditambahkannya, peserta yang beruntung dalam perlombaan ini akan diberikan bonus berupa uang dan hadiah lainnya berupa barang. Tidak lupa juga Kades Dian menyampaikan, sebelum perlombaan dimulai diawali dengan Doa bersama agar peserta aman dan selamat pada saat didalam kolong. Waktu yang diberikan kepada peserta hanya dua jam yang dimulai pada pukul 14.00- 16.00 , ujar kades.


Dalam kegiatan kali ini, penonton sangat antusias terutama kalangan ibu-ibu untuk menyaksikan para peserta Nyirok( tumbak ikan). 


Kegiatan perlombaan Nyirok( tumbak ikan) ini dihadiri juga oleh ketua Perwabel Yurman. Pada kesempatan ini Yurman mengatakan, ini adalah salah satu adat dan kebudayaan Belitung dan disinilah fungsinya seorang dukun air untuk menjaga keselamatan yang melakukan Nyirok( tumbak ikan), ungkapnya.


Kegiatan seperti ini kata Yurman hanya pada musim kemarau bukan pada saat musim hujan. Saya berharap kegiatan seperti ini diikuti oleh Desa-Desa lain karena selain adat dan kebudayaan Belitung, juga termasuk hal yang unik pada saat moment tertentu dan tidak membosankan, katanya.

 

Kriteria perlombaan ini adalah siapa yang mendapat ikan terlebih dahulu, ikan terbesar dan yang mendapat yang lebih banyak. Peserta yang mendapat ikan terbesar  dan pertama yakni Lendi dari Dusun Kepayang.( MR ).


0 Comments

© Copyright 2022 - Sulselkpk.co.id I Bersama Rakyat Perangi Korupsi