Breaking News

Petani Sawit Karya Merdeka Minta Pertanggungjawaban PT Borneo Bara Timur Mandiri



Kurang lebih 50 pohon Sawit Milik Warga RT 04 Kelurahan Karya Merdeka Kecamatan Samboja Barat di tumbangkan lalu di timbun oleh pihak perusahaan PT.Borneo Bara Timur Mandiri. 


Warga Petani Sawit meminta kepada pihak perusahaan Agar bertanggung jawab permasalahan ini. 


Pengerjaan atau pengoprasian Tambang Batu Bara Milik PT Borneo Bara Timur Mandiri sangat merugikan para petani Sawit yang beralokasi di RT 04 kelurahan Karya Merdeka, mirisnya jumlah petani Sawit 14 Orang tidak mau di beri Ganti Rugi dari pihak perusahaan PT. Borneo Bara Timur Mandiri.


Para Petani Sawit mendengar dari pihak Kaki Tangan perusahaan PT. Borneo Bara Timur Mandiri, bahwa pihak perusahaan hanya ingin mengganti Senilai 70 juta Rupiah per 1 HA.


Warga petani Sawit kalkulasi dalam 1 hektar ada 120 Batang pohon Sawit, itu sudah berbuah bahkan dalam 2 Bulan 3 kali panen dengan Hasil 12 Ton.



Dari 14 warga petani Sawit dengan keseluruhan memiliki kebun Sawit seluas 30 HA. di hutan poroduksi. Adanya permasalahan ini jadi para petani Sawit meminta ganti Rugi tanam tumbuhnya kepada pihak perusahaan Senilai 400juta per hektar.


Sementara untuk dampak kerusakan pohon Sawit di karenakan Adanya Limbah perusahaan PT.Borneo Bara Timur Mandiri. Warga petani Sawit di RT.04 kelurahan Karya Merdeka merasa sangat di rugikan bahkan Sebaliknya mereka mendapatkan Laporan pengaduan dari pihak perusahaan Tentang dugaan Tindak pidana Gangguan Operasional PT.Borneo Bara Timur Mandiri. ada 7 Warga petani Sawit yang sudah di BAP oleh Reskrim polsek Samboja.


"Para petani Sawit Warga RT 04 kelurahan Karya Merdeka dengan tegas memilih tetap mempertahankan haknya, karena mereka berkebun menanam Sawit dan Merawat kurang lebih 13 tahun. Ia tidak pernah mendapat Tekanan dari pihak pemerintah daerah maupun dari pemerintah pusat," tegasnya. Sabtu, 1 Juli 2023.


Setelah Adanya Perusahaan PT.Borneo Bara Timur Mandiri masuk melakukan aktifitas di RT 04 Kelurahan Karya Merdeka membuat para petani Sawit merasa di resahkan dan dirugikan. karena kebun sawit itu satu satunya mata pencarian untuk menopan hidup bersama keluarganya di Hutan Sawit. (Tim)


0 Comments

© Copyright 2022 - Sulselkpk.co.id I Bersama Rakyat Perangi Korupsi